PENGARUH PENDEKATAN REALISTIK MATHEMATIC EDUCATION (RME) TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATEMATIS SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 TAMBUSAI

FITRI HAYATI, - (2019) PENGARUH PENDEKATAN REALISTIK MATHEMATIC EDUCATION (RME) TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATEMATIS SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 TAMBUSAI. ["eprint_fieldopt_thesis_type_skripsi" not defined] thesis, UNIVERSITAS PASIR PENGARAIAN.

[img] Text
KOPER FITRI HAYATI.pdf

Download (4MB)
[img] Text
BAB 1-3 FITRI HAYATI.pdf

Download (382kB)
[img] Text
BAB4-5 FITRI HAYATI.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh Pendekatan RME terhadap kemampuan pemahaman matematis siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Tambusai. Jenis penelitian ini adalah Quasi Eksperimen dengan desain Two Group Posttest Only. Populasi pada penelitian ini adalah kelas VIII SMP Negeri 1 Tambusai. Pengambilan sampel menggunakan Random Sampling, sehingga terpilih dua kelas sebagai kelas sampel. Kelas VIII.3 sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII.5 sebagai kelas kontrol. Instrumen pada penelitian ini adalah soal tes kemampuan pemahaman matematis yang diberikan pada kelas sampel. Uji normalitas menggunakan uji liliefors diperoleh kelas VIII.3 dan VIII.5 berdistribusi normal. Uji Homogenitas menggunakan uji fisher dan diperoleh varians kedua kelas homogen. Berdasarkan uji hipotesis dengan uji-t diperoleh thitung= 2.65 dan ttabel=2.00. Ini berarti thitung ≥ ttabel, maka tolak H0. Dengan demikian diperoleh bahwa ada pengaruh Pendekatan RME terhadap kemampuan pemahaman matematis siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Tambusai.

Item Type: Thesis (["eprint_fieldopt_thesis_type_skripsi" not defined])
Subjects: Dewey decimal Classification Subject Areas > 500 Ilmu-ilmu Alam dan Matematika
Dewey decimal Classification Subject Areas > 500 Ilmu-ilmu Alam dan Matematika
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: FKIP
Date Deposited: 29 Nov 2019 06:46
Last Modified: 29 Nov 2019 06:46
URI: http://repository.upp.ac.id/id/eprint/265

Actions (login required)

View Item View Item