PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNKASI MATEMATIS KELAS VII MTs THAMRIN YAHYA

Fathul Rohimah, - (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNKASI MATEMATIS KELAS VII MTs THAMRIN YAHYA. ["eprint_fieldopt_thesis_type_skripsi" not defined] thesis, UNIVERSITAS PASIR PENGARAIAN.

[img] Text
COVER FATHUL.pdf

Download (647kB)
[img] Text
BAB 1-3 FATHUL.pdf

Download (770kB)
[img] Text
BAB 4-5 FATHUL.pdf

Download (516kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa kelas VII MTs Thamrin Yahya. Penelitian ini adalah penelitian Quasi Eksperiment dengan desain Two Group Posttest Only. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas VII MTs Thamrin Yahya dengan sampel kelas VII 1 dan VII 2. Kelas sampel diperoleh menggunakan teknik propability sampling yang dilakukan secara simple random sampling. Pada kelas eksperimen diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) dan kelas kontrol diterapkan pembelajaran konvensional. Instrumen penelitian ini adalah soal uraian kemampuan komunikasi matematis dan untuk memperoleh instrumen yang baik maka dilakukan analisis instrumen yaitu validitas, daya pembeda, tingkat kesukaran dan reliabilitas. Data posttest kemampuan komunikasi matematis yang diperoleh dilakukan analisis data untuk menguji hipotesis. Sebelum dilakukan uji hipotesis terlebih dahulu dilakukan uji prasyarat yaitu uji normalitas dengan uji liliefors yang dihasilkan kedua kelas sampel tidak berdistribusi normal. Selanjutnya dilakukan uji hipotesis menggunakan uji mann whitney, hasil perhitungan yang diperoleh Zhitung > Ztabel yaitu 7,82 > 1,96 untuk α = 0,05 maka H0 ditolak. Sehingga diperoleh kesimpulan bahwa ada pengaruh model pembelajaran kooperatid tipe Numbered Head Together (NHT) terhadap kemampuan komunikasi siswa kelas VII MTs Thamrin Yahya.

Item Type: Thesis (["eprint_fieldopt_thesis_type_skripsi" not defined])
Subjects: Dewey decimal Classification Subject Areas > 500 Ilmu-ilmu Alam dan Matematika
Dewey decimal Classification Subject Areas > 500 Ilmu-ilmu Alam dan Matematika
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: FKIP
Date Deposited: 29 Nov 2019 04:40
Last Modified: 29 Nov 2019 04:40
URI: http://repository.upp.ac.id/id/eprint/256

Actions (login required)

View Item View Item