PENGARUH PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME) TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA KELAS VII SMP NEGERI 5 UJUNGBATU

DUMASARI BR HASIBUAN, - (2019) PENGARUH PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME) TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA KELAS VII SMP NEGERI 5 UJUNGBATU. ["eprint_fieldopt_thesis_type_skripsi" not defined] thesis, UNIVERSITAS PASIR PENGARAIAN.

[img] Text
COVER DUMASARI.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB1-3 DUMASARI.pdf

Download (728kB)
[img] Text
BAB4-5 DUMASARI.pdf

Download (661kB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh pendekatan realistic mathematics education (RME) terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa kelas VII SMP Negeri 5 Ujungbatu. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan desain the posttest only control group design. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 5 Ujungbatu dengan jumlah 56 siswa. Kelas sampel diperoleh menggunakan teknik probability sampling yang dilakukan secara simple random sampling, sehingga terpilih dua kelas sebagai kelas sampel. Kelas VII.1 sebagai kelas kontrol terdiri dari 28 siswa dan kelas VII.2 sebagai kelas eksperimen terdiri dari 28 siswa. Data kemampuan penalaran matematis diperoleh dengan teknik tes. Tes diberikan pada akhir pembelajaran dengan instrumen yaitu soal tes kemampuan komunikasi matematis yang telah dilakukan analisis validitas, tingkat kesukaran, daya pembeda dan reliabilitas. Hasil uji normalitas menggunakan uji liliefors diperoleh kelas VII.1 dan VII.2 tidak berdistribusi normal. Selanjutnya dilakukan uji hipotesis menggunakan mann whitney, hasil perhitungan diperoleh Zhitung > Ztabel yaitu 5,69 > 1,96 untuk α = 0,05 maka H0 ditolak. Sehingga diperoleh kesimpulan bahwa ada pengaruh pendekatan realistic mathematics education (RME) terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa kelas VII SMP Negeri 5 ujungbatu.

Item Type: Thesis (["eprint_fieldopt_thesis_type_skripsi" not defined])
Subjects: Dewey decimal Classification Subject Areas > 500 Ilmu-ilmu Alam dan Matematika
Dewey decimal Classification Subject Areas > 500 Ilmu-ilmu Alam dan Matematika
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: FKIP
Date Deposited: 29 Nov 2019 03:58
Last Modified: 29 Nov 2019 03:58
URI: http://repository.upp.ac.id/id/eprint/247

Actions (login required)

View Item View Item