PERBANDINGAN HASIL BELAJAR PSIKOMOTORIK SISWA MENGGUNAKAN MEDIA PEMBELAJARAN MINIATUR KERETA ELEKTROMAGNETIK DENGAN REAL LABORATORYDAN VIRTUAL LABORATORY BERBASISMINI LABORATORYDISMP NEGERI 4 SATU ATAP RAMBAH SAMO.

FRISKA SARI, NOVIA (2021) PERBANDINGAN HASIL BELAJAR PSIKOMOTORIK SISWA MENGGUNAKAN MEDIA PEMBELAJARAN MINIATUR KERETA ELEKTROMAGNETIK DENGAN REAL LABORATORYDAN VIRTUAL LABORATORY BERBASISMINI LABORATORYDISMP NEGERI 4 SATU ATAP RAMBAH SAMO. Sarjana thesis, Universitas Pasir pengaraian.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1 2 3.pdf

Download (935kB)
[img] Text
BAB 4 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat perbandingan hasil belajar psikomotorik siswa pada kelas eksperimen real laboratory dan virtual laboratory dengan melakukan penilaian menggunakan lembar observasi. Jenis penelitian ini adalah penelitian komparatif dengan desain penelitian posttest only control group design. Teknik pengambilan sampel yang dilakukan adalah teknik sampling jenuh. Penelitian dilakukan di SMP Negeri 4 Satu Atap Rambah Samo kelas IX. Penelitian ini dilakukan sebanyak 2 kali pertemuan, dimana pertemuan pertama dilakukan pembelajaran yang didukung dengan praktikum. Pertemuan kedua dilakukan penilaian dengan menggunakan lembar observasi. Setelah dilakukan penerapan pembelajaran menggunakan real laboratory dengan media miniatur kereta elektromagnetik dan virtual laboratory dengan media PhET yang didukung dengan praktikum, kemampuan psikomotorik siswa mengalami peningkatan dengan kriteria rata-rata sangat baik. Hal ini ditunjukkan dari nilai lembar observasi pada pembelajaran yang didukung dengan praktikum. Hasil uji normalitas dan homogenitas dari kedua kelas sampel diperoleh bahwa kedua kelas sampel terdistribusi normal dan mempunyai varian yang homogen. Setelah dilakukan uji t pada taraf nyata 0.05 dengan derajat kebebasan (df) 38 diperoleh t-hitung sebesar -3.044 sedangkan t-tabel 2.024. Maka, hipotesis H0 ditolak dan Ha diterima. Jadi dapat disimpulkan bahwa terdapat perbandingan hasil belajar psikomotorik siswa yang signifikan antara kelas eksperimen real laboratory dan kelas eksperimen virtual laboratory.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran, Psikomotorik, Hasil Belajar
Subjects: Dewey decimal Classification Subject Areas > 500 Ilmu-ilmu Alam dan Matematika > 530 - 539 Fisika
Dewey decimal Classification Subject Areas > 500 Ilmu-ilmu Alam dan Matematika > 530 - 539 Fisika
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika
Depositing User: Unnamed user with email info.pustakaupp@gmail.com
Date Deposited: 22 Nov 2023 05:14
Last Modified: 22 Nov 2023 05:14
URI: http://repository.upp.ac.id/id/eprint/2353

Actions (login required)

View Item View Item