GESTURE PERFORMANCE IN SPEAKING PRACTICE BY THE SECOND SEMESTER STUDENTS OF ENGLISH STUDY PROGRAM UNIVERSITY OF PASIR PENGARAIAN

FITRIA NINGSIH, ANISA (2020) GESTURE PERFORMANCE IN SPEAKING PRACTICE BY THE SECOND SEMESTER STUDENTS OF ENGLISH STUDY PROGRAM UNIVERSITY OF PASIR PENGARAIAN. Sarjana thesis, Universitas Pasir pengaraian.

[img] Text
COVER.pdf

Download (3MB)
[img] Text
BAB 1 2 3.pdf

Download (299kB)
[img] Text
BAB 4 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui jenis-jenis penggunaan gesture oleh mahasiswa semester kedua Program Studi Bahasa Inggris Universitas Pasir Pengaraian dan untuk mengetahui fungsi gesture yang digunakan dalam praktik berbicara mereka. Penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Itu dilakukan di semester kedua Program Studi Bahasa Inggris Universitas Pasir Pengaraian. Populasi adalah mahasiswa semester dua Program Studi Bahasa Inggris Universitas Pasir Pengaraian pada tahun akademik 2019/2020. Sampel berjumlah 14 siswa. Peneliti menggunakan Purpossive Sampling untuk mengambil sampel. Instrumen penelitian dalam penelitian ini adalah wawancara dengan siswa dan rekaman video praktik berbicara. Peneliti hanya menganalisis gerakan siswa dalam latihan berbicara video mereka. Klasifikasi teknik gesture menggunakan klasifikasi gesture McNeil (1992). Dari temuan penelitian, ditemukan bahwa siswa menggunakan beberapa gerakan ketika mereka berbicara praktik. Ada beberapa jenis gerakan yang digunakan siswa dalam praktik berbicara: (1) Ikon Isyarat (2) Isyarat Metaforis (3) Isyarat Deitic (4) Isakan Isyarat (5) Isakan Gesture (5) Emblem. Dari temuan penelitian, dapat dilihat bahwa sebagian besar isyarat yang digunakan siswa dalam praktik berbicara adalah isyarat ikonik yaitu isyarat dengan tangan membuat penomoran dengan 13 siswa menggunakan isyarat ikonik, artinya 50%. Dan sebagian besar gerakan yang digunakan siswa adalah gerakan Deictic yaitu gerakan dengan jari telunjuk yang menunjuk ke udara ketika berbicara ada 10 siswa menggunakan gerakan ini, itu berarti 67%. Dan gerakan yang paling mereka gunakan adalah beat gesture, yaitu gesture dengan menggerakkan tangan ada 10 siswa atau 35,71%.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Gerakan, Kinerja, Berbicara.
Subjects: Dewey decimal Classification Subject Areas > 400 Bahasa > 420 - 429 Bahasa Inggris, Anglo-Saxon
Dewey decimal Classification Subject Areas > 400 Bahasa > 420 - 429 Bahasa Inggris, Anglo-Saxon
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Unnamed user with email info.pustakaupp@gmail.com
Date Deposited: 20 Nov 2023 06:55
Last Modified: 20 Nov 2023 06:55
URI: http://repository.upp.ac.id/id/eprint/2289

Actions (login required)

View Item View Item