PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA KELAS VII SMP N 3 RAMBAH HILIR

ARISKA, EVI (2020) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA KELAS VII SMP N 3 RAMBAH HILIR. Sarjana thesis, Universitas Pasir Pengaraian.

[img] Text
BAB 1 2 3.pdf

Download (436kB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (486kB)
[img] Text
BAB 4 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Discovery Learning terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa kelas VII SMP N 3 Rambah Hilir. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu (Quasi Experiment) dengan desain Two-Group Posttest Only. Populasi pada penelitian ini adalah kelas VII SMP N 3 Rambah Hilir dengan sampel kelas VII a dan kelas VII b . Kelas sampel diperoleh dengan cara menggunakan teknik random sampling. Pada kelas eksperimen diterapkan Model Pembelajaran Discovery Learning dan kelas kontrol diterapkan pembelajaran konvensional. Instrument yang digunakan untuk mengukur kemampuan pemahaman konsep matematis siswa adalah tes uraian. Teknik pengumpulan data menggunakan instrument test berupa posttest yang telah dilakukan analisis validitas, daya pembeda, tingkat kesukaran dan reliabilitas. Setelah data tes kemampuan pemahaman konsep diperoleh, selanjutnya dilakukan analisis data untuk menguji hipotesis. Sebelum uji hipotesis dilakukan terlebih dahulu dilakukan uji prasyarat yaitu uji normalitas dan homogenitas. Uji normalitas digunakan uji liliefors yang hasilnya kedua kelas sampel berdistribusi normal, sedangkan uji homogenitas menggunakan uji F yang hasilnya kedua kelas sampel mempunyai varians yang homogen, selanjutnya dilakukan uji hipotesis menggunakan uji t. Hasil perhitungan diperoleh thitung 7,71 2,003 untuk α = 0,05, maka H0 ditolak. Sehingga diperolah bahwa ada pengaruh model pembelajaran Discovery Learning terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa kelas VII SMP N 3 Rambah Hilir tahun ajaran 2018/2019

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Pengaruh, Discovery Learning, kemampuan pemahaman konsep matematis.
Subjects: Dewey decimal Classification Subject Areas > 500 Ilmu-ilmu Alam dan Matematika > 510 - 519 Matematika
Dewey decimal Classification Subject Areas > 500 Ilmu-ilmu Alam dan Matematika > 510 - 519 Matematika
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Unnamed user with email info.pustakaupp@gmail.com
Date Deposited: 10 Nov 2023 03:40
Last Modified: 10 Nov 2023 03:40
URI: http://repository.upp.ac.id/id/eprint/2201

Actions (login required)

View Item View Item