ARISKA, EVI (2020) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA KELAS VII SMP N 3 RAMBAH HILIR. Sarjana thesis, Universitas Pasir Pengaraian.
Text
BAB 1 2 3.pdf Download (436kB) |
|
Text
COVER.pdf Download (486kB) |
|
Text
BAB 4 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Discovery Learning terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa kelas VII SMP N 3 Rambah Hilir. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu (Quasi Experiment) dengan desain Two-Group Posttest Only. Populasi pada penelitian ini adalah kelas VII SMP N 3 Rambah Hilir dengan sampel kelas VII a dan kelas VII b . Kelas sampel diperoleh dengan cara menggunakan teknik random sampling. Pada kelas eksperimen diterapkan Model Pembelajaran Discovery Learning dan kelas kontrol diterapkan pembelajaran konvensional. Instrument yang digunakan untuk mengukur kemampuan pemahaman konsep matematis siswa adalah tes uraian. Teknik pengumpulan data menggunakan instrument test berupa posttest yang telah dilakukan analisis validitas, daya pembeda, tingkat kesukaran dan reliabilitas. Setelah data tes kemampuan pemahaman konsep diperoleh, selanjutnya dilakukan analisis data untuk menguji hipotesis. Sebelum uji hipotesis dilakukan terlebih dahulu dilakukan uji prasyarat yaitu uji normalitas dan homogenitas. Uji normalitas digunakan uji liliefors yang hasilnya kedua kelas sampel berdistribusi normal, sedangkan uji homogenitas menggunakan uji F yang hasilnya kedua kelas sampel mempunyai varians yang homogen, selanjutnya dilakukan uji hipotesis menggunakan uji t. Hasil perhitungan diperoleh thitung 7,71 2,003 untuk α = 0,05, maka H0 ditolak. Sehingga diperolah bahwa ada pengaruh model pembelajaran Discovery Learning terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa kelas VII SMP N 3 Rambah Hilir tahun ajaran 2018/2019
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengaruh, Discovery Learning, kemampuan pemahaman konsep matematis. |
Subjects: | Dewey decimal Classification Subject Areas > 500 Ilmu-ilmu Alam dan Matematika > 510 - 519 Matematika Dewey decimal Classification Subject Areas > 500 Ilmu-ilmu Alam dan Matematika > 510 - 519 Matematika |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Unnamed user with email info.pustakaupp@gmail.com |
Date Deposited: | 10 Nov 2023 03:40 |
Last Modified: | 10 Nov 2023 03:40 |
URI: | http://repository.upp.ac.id/id/eprint/2201 |
Actions (login required)
View Item |