KOMPARASI METODE K-MEANS DAN K-MEDOIDS DALAM PENGELOMPOKAN PRESTASI BELAJAR SISWA (Studi Kasus : SD Negeri 002 Bonai Darussalam)

RAIS, AMIEN (2022) KOMPARASI METODE K-MEANS DAN K-MEDOIDS DALAM PENGELOMPOKAN PRESTASI BELAJAR SISWA (Studi Kasus : SD Negeri 002 Bonai Darussalam). Sarjana thesis, Universitas Pasir pengaraian.

[img] Text
COVER.pdf

Download (11MB)

Abstract

Proses pembelajaran dengan sistem daring yang diterapkan pada saat ini mengakibatkan guru tidak dapat melihat secara langsung kemampuan siswa dan juga tidak dapat melihat prestasi belajar siswa selama pandemi Covid-19. Selain itu, kesulitan dalam menilai prestasi belajar siswa tentu menjadi masalah dalam melakukan tindakan yang harus diambil oleh guru untuk menangani siswa yang kurang berprestasi dibidang akademik dengan bertujuan meningkatkan prestasi siswa. Oleh sebab itu, diperlukan adanya pengelompokan prestasi belajar pada siswa agar mengetahui kelompok siswa yang kurang berprestasi untuk dilakukan penanganan khusus misalnya menerapkan pola belajar yang berbeda dengan siswa yang lainnya. Dari permasalahan tersebut maka akan dilakukan pengelompokan pada siswa SD Negeri 002 Bonai Darussalam berdasarkan prestasi belajar siswa dengan menggunakan metode K-Means dan K-Medoids. Aplikasi pengelompokan prestasi belajar siswa di SD Negeri 002 Bonai Darussalam berbasis web telah berhasil dirancang dan diimplementasikan dalam bentuk aplikasi berbasis web. Hasil akhir pengelompokkan menggunakan metode K-Means dan K-Medoids, pengelompokkan siswa dengan cluster Berprestasi berjumlah 5 orang dan dengan orang yang sama, sedangkan untuk siswa dengan cluster Kurang Berprestasi dan cluster Tidak Berprestasi memiliki perbedaan antara metode K-Means dan K- Medoids. Berdasarkan pengujian User Acceptance Test (UAT) yang telah dilakukan didapatkanlah hasil bahwa pengguna yang menjawab pertanyaan dengan jawaban Ya sebesar 88%, Tidak sebesar 8% dan Ragu-Ragu sebesar 4%. Maka ditarik kesimpulan bahwa aplikasi pengelompokan prestasi belajar siswa di SD Negeri 002 Bonai Darussalam berbasis web mudah digunakan oleh pengguna dan bermanfaat untuk pengelompokan prestasi belajar siswa di SD Negeri 002 Bonai Darussalam.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Data Mining, Prestasi, K-Means, K-Medoids
Subjects: Dewey decimal Classification Subject Areas > 000 Karya Umum > 000-009 Ilmu Umum dan Komputer > 004 Data Processing, Computer Science/Pemrosesan Data, Ilmu Komputer, Teknik Informatika
Dewey decimal Classification Subject Areas > 000 Karya Umum > 000-009 Ilmu Umum dan Komputer > 004 Data Processing, Computer Science/Pemrosesan Data, Ilmu Komputer, Teknik Informatika
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika
Depositing User: Unnamed user with email info.pustakaupp@gmail.com
Date Deposited: 05 Oct 2023 02:54
Last Modified: 05 Oct 2023 02:54
URI: http://repository.upp.ac.id/id/eprint/1806

Actions (login required)

View Item View Item