PENERAPAN K-MEANS DAN RANK ORDER CENTROID (ROC) UNTUK PENENTlJAN CALON SISWA PENERJMA PROGRAM INDONESIA PINTAR (PIP) (Studi Kasus Sekolah Dasar Negeri 009 Rambab Hilir)

VIESADNI KANDRA, RICKO (2022) PENERAPAN K-MEANS DAN RANK ORDER CENTROID (ROC) UNTUK PENENTlJAN CALON SISWA PENERJMA PROGRAM INDONESIA PINTAR (PIP) (Studi Kasus Sekolah Dasar Negeri 009 Rambab Hilir). Sarjana thesis, Universitas Pasir pengaraian.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)

Abstract

Program Indonesia Pintar yang disingkat dengan PIP adalah pemberian bantuan tunai dari pemerintah kepada siswa sekolah dari keluarga kurang mampu. Sekolah Dasar Negeri 009 Rambah Hilir selalu mengusulkan PIP melalui usulan di data pokok pendidikan (Dapodik). Oleh sebab itu, untuk mengelompokan siswa layak usul dan tidak layak usul dengan menerapkan metode K-means yang dibuat sistem menjadi 2 cluster. Cluster 1 siswa layak usul didapatkan sejumlah 94 siswa dan cluster 2 siswa tidak layak usul sejumlah 83 siswa. Khusus untuk siswa yang layak usul diberikan nilai atau bobot sesuai dengan kriteria yang ditentukan dengan menggunakan metode Rank Order Centroid (ROC). Hasil implementasi metode ROC didapatkan perangkingan 10 peringkat dari 94 siswa layak usul.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Cluster, K-Means, PIP, ROC
Subjects: Dewey decimal Classification Subject Areas > 000 Karya Umum > 000-009 Ilmu Umum dan Komputer > 004 Data Processing, Computer Science/Pemrosesan Data, Ilmu Komputer, Teknik Informatika
Dewey decimal Classification Subject Areas > 000 Karya Umum > 000-009 Ilmu Umum dan Komputer > 004 Data Processing, Computer Science/Pemrosesan Data, Ilmu Komputer, Teknik Informatika
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika
Depositing User: Unnamed user with email info.pustakaupp@gmail.com
Date Deposited: 05 Oct 2023 02:47
Last Modified: 05 Oct 2023 02:47
URI: http://repository.upp.ac.id/id/eprint/1804

Actions (login required)

View Item View Item