PENGARUH ORIENTASI PASAR DAN INOVASI PRODUK TERHADAP KINERJA PEMASARAN UMKM DI UJUNG BATU

FRANS J.S, IMMANUEL (2020) PENGARUH ORIENTASI PASAR DAN INOVASI PRODUK TERHADAP KINERJA PEMASARAN UMKM DI UJUNG BATU. Sarjana thesis, Universitas Pasir Pengaraian.

[img] Text
cover.pdf

Download (661kB)
[img] Text
bab 1-3.pdf

Download (753kB)
[img] Text
bab 4-5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (931kB) | Request a copy
Official URL: https://perpus.upp.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh orientasi pasar dan inovasi produk terhadap kinerja pemasaran baik secara parsial maupun simultan. Populasi penelitian ini adalah UKM yang ada di Ujung Batu sebanyak 182 UMKM. Teknik penentuan sampel menggunakan teknik accidental sampling dengan responden sejumlah 65 responden. Variabel bebas dalam penelitian ini orientasi pasar (X1), inovasi produk (X2) dan variabel terikat kinerja pemasaran (Y). Metode pengumpulan data menggunakan observasi, kuesioner dan wawancara. Uji keandalan instrument meliputi uji validitas dan uji realibilitas, uji asumsi klasik meliputi uji normalitas, uji multikolonieritas dan uji heteroskedastisitas. Analisis data menggunakan analisis regresi linear berganda menggunakan program SPSS. Hasil analisis regresi linier berganda diperoleh persamaan regresi Y = 0.735 + 0.246X1 + 0.806X2. Secara parsial, diperoleh t- hitung orientasi pasar 3.1.16 dan inovasi produk 12.625. Secara simultan, diperoleh F-hitung 2618.708 menunjukkan orientasi pasar dan inovasi produk secara bersama-sama berpengaruh terhadap kinerja pemasaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 98,8%kinerja pemasaran dipengaruhi oleh orientasi pasar dan inovasi produk, sedangkan sisanya 1,1% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Kesimpulan dari penelitian ini berdasarkan hasil pengujian secara parsial maupaun secara simultan orientasi pasar dan inovasi produk memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kinerja pemasaran UMKM di Ujung Batu.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: orientasi pasar, inovasi produk, kinerja pemasaran
Subjects: Dewey decimal Classification Subject Areas > 600 Teknologi dan ilmu-ilmu Terapan > 650 - 659 Manajemen dan Ilmu yang Berkaitan > 658 General Management/Manajemen Umum
Dewey decimal Classification Subject Areas > 600 Teknologi dan ilmu-ilmu Terapan > 650 - 659 Manajemen dan Ilmu yang Berkaitan > 658 General Management/Manajemen Umum
Divisions: Fakultas Ekonomi > Program Studi Manajemen
Depositing User: Unnamed user with email info.pustakaupp@gmail.com
Date Deposited: 21 Sep 2022 02:33
Last Modified: 21 Sep 2022 02:33
URI: http://repository.upp.ac.id/id/eprint/1458

Actions (login required)

View Item View Item