PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING TERHADAP KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS SISWA KELAS VIII SMP N 7 TAMBUSAI

HIDAYAH, VITA NUR (2020) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING TERHADAP KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS SISWA KELAS VIII SMP N 7 TAMBUSAI. Sarjana thesis, Universitas Pasir Pengaraian.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1 2 3.pdf

Download (570kB)
[img] Text
BAB 4 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Rendahnya kemampuan koneksi matematis siswa disebabkan oleh pembelajaran yang masih berpusat pada guru dan siswa tidak terbiasa untuk belajar mandiri. Penelitian ini bertujuan untuk melihat apakah ada pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Student Facilitator and Explaining terhadap kemampuan koneksi matematis siswa kelas VIII SMP N 7 Tambusai. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu (quasi eksperimen) dengan desain penelitian The Nonequivalent Posttest-Only Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP N 7 Tambusai. Pengambilan sampel menggunakan teknik random sampling, dan terpilih kelas VIII. B sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII. A sebagai kelas kontrol. Pada kelas eksperimen menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Student Facilitator and Explaining, sedangkan kelas kontrol menggunakan pembelajaran konvensional. Data kemampuan koneksi matematis diperoleh dengan teknik tes. Tes diberikan pada akhir pembelajaran dengan instrumen soal tes kemampuan koneksi matematis yang telah dilakukan analisis validitas, tingkat kesukaran, daya pembeda dan reliabilitas. Analisis data dilakukan untuk pengujian hipotesis. Sebelum dilakukan uji hipotesis terlebih dahulu dilakukan uji prasyarat yaitu uji normalitas. Berdasarkan hasil uji prasyarat diperoleh bahwa data tidak berdistribusi normal, dengan demikian pengujian hipotesis dilakukan dengan uji Mann Whitney. Hasil perhitungan diperoleh hitung tabel z  z yaitu 2,30 > 1,96 dengan nilai   0,05, maka tolak H0. Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Student Facilitator and Explaining terhadap kemampuan koneksi matematis siswa kelas VIII SMP N 7 Tambusai.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Pengaruh, model pembelajaran kooperatif tipe Student Facilitator and Explaining, kemampuan koneksi matematis
Subjects: Dewey decimal Classification Subject Areas > 500 Ilmu-ilmu Alam dan Matematika > 510 - 519 Matematika > 510 Mathematics/Matematika
Dewey decimal Classification Subject Areas > 500 Ilmu-ilmu Alam dan Matematika > 510 - 519 Matematika > 510 Mathematics/Matematika
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Unnamed user with username AdminPustaka
Date Deposited: 30 May 2022 02:29
Last Modified: 30 May 2022 02:29
URI: http://repository.upp.ac.id/id/eprint/1262

Actions (login required)

View Item View Item