PENINGKATAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN THINKING ALOUD PAIR PROBLEM SOLVING (TAPPS) PADA SISWA KELAS VIII MTs BAHRUL ULUM

RAHMAWATI, NURIN (2020) PENINGKATAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN THINKING ALOUD PAIR PROBLEM SOLVING (TAPPS) PADA SISWA KELAS VIII MTs BAHRUL ULUM. Sarjana thesis, Universitas Pasir Pengaraian.

[img] Text
COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB 1 2 3.pdf

Download (888kB)
[img] Text
BAB 4 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya peningkatan kemampuan komunikasi matematis melalui penerapan model pembelajaran Thinking Aloud Pair Problem Solving (TAPPS) pada siswa kelas VIII MTs Bahrul Ulum. Penelitian ini adalah penelitian Quasi Eksperimen dengan desain The randomized pretest-posttest control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII MTs Bahrul Ulum. Pengambilan sampel secara simple random sampling, sehingga terpilih dua kelas sebagai sampel yaitu kelas VIII C sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII D sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian ini adalah soal tes uraian kemampuan komunikasi matematis. Data hasil tes kemampuan komunikasi yang telah diperoleh selanjutnya dilakukan analisis untuk menguji hipotesis. Sebelum dilakukan uji hipotesis terlebih dahulu dilakukan uji prasyarat yaitu uji normalitas dengan uji lilliefors yang hasilnya data tidak berdistribusi normal. Selanjutnya dilakukan uji hipotesis yaitu menggunakan uji mann whitney, hasil perhitungan diperoleh bahwa yaitu untuk maka tolak . Sehingga diperoleh kesimpulan bahwa ada peningkatan kemampuan komunikasi matematis melalui penerapan model pembelajaran Thinking Aloud Pair Problem Solving (TAPPS) pada siswa kelas VIII MTs Bahrul Ulum tahun pelajaran 2019/2020.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Peningkatan, Kemampuan Komunikasi Matematis, Model Pembelajaran Thinking Aloud Pair Problem Solving (TAPPS)
Subjects: Dewey decimal Classification Subject Areas > 500 Ilmu-ilmu Alam dan Matematika > 510 - 519 Matematika > 510 Mathematics/Matematika
Dewey decimal Classification Subject Areas > 500 Ilmu-ilmu Alam dan Matematika > 510 - 519 Matematika > 510 Mathematics/Matematika
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Unnamed user with username AdminPustaka
Date Deposited: 25 May 2022 04:54
Last Modified: 25 May 2022 04:54
URI: http://repository.upp.ac.id/id/eprint/1257

Actions (login required)

View Item View Item