KARTINI, HARTIK A’AFIYATI (2019) PENGARUH PENDEKATAN PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING MODEL POLYA TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA KELAS VIII SMP MUHAMMADIYAH RAMBAH. Sarjana thesis, Universitas Pasir Pengaraian.
Text
BAB 1 2 3.pdf Download (621kB) |
|
Text
COVER.pdf Download (2MB) |
|
Text
BAB 4 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
Rendahnya kemampuan pemecahan masalah matematis siswa disebabkan oleh pembelajaran yang masih berpusat pada guru dan siswa tidak terbiasa untuk belajar mandiri. Penelitian ini bertujuan untuk melihat apakah ada pengaruh pendekatan problem solving model Polya terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah Rambah. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu (quasi eksperimen) dengan desain penelitian The Nonequivalent Posttest-Only Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah Rambah. Pengambilan sampel menggunakan teknik random sampling, dan terpilih kelas VIII 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII 2 sebagai kelas kontrol. Pada kelas eksperimen menggunakan pendekatan problem solving model Polya, sedangkan kelas kontrol menggunakan pembelajaran konvensional. Data kemampuan pemecahan masalah matematis diperoleh dengan teknik tes. Tes diberikan pada akhir pembelajaran dengan instrumen soal tes kemampuan pemecahan masalah matematis yang telah dilakukan analisis validitas, tingkat kesukaran, daya pembeda dan reliabilitas. Analisis data dilakukan untuk pengujian hipotesis. Sebelum dilakukan uji hipotesis terlebih dahulu dilakukan uji prasyarat yaitu uji normalitas. Berdasarkan hasil uji prasyarat diperoleh bahwa data tidak berdistribusi normal, dengan demikian pengujian hipotesis dilakukan dengan uji Mann Whitney. Hasil perhitungan diperoleh hitung tabel z z yaitu 4,95 1,96 dengan nilai 0,05, maka tolak H0. Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh pendekatan problem solving model Polya terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah Rambah.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengaruh, pendekatan problem solving model Polya, kemampuan pemecahan masalah matematis |
Subjects: | Dewey decimal Classification Subject Areas > 500 Ilmu-ilmu Alam dan Matematika > 510 - 519 Matematika > 510 Mathematics/Matematika Dewey decimal Classification Subject Areas > 500 Ilmu-ilmu Alam dan Matematika > 510 - 519 Matematika > 510 Mathematics/Matematika |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Unnamed user with username AdminPustaka |
Date Deposited: | 25 May 2022 04:20 |
Last Modified: | 25 May 2022 04:20 |
URI: | http://repository.upp.ac.id/id/eprint/1253 |
Actions (login required)
View Item |