PENGARUH PENERAPAN METODE DISCOVERY LEARNING TERHADAP KEAKTIFAN BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS VII DI MTS THAMRIN YAHYA KECAMATAN RAMBAH HILIR

KURNIATI, - (2021) PENGARUH PENERAPAN METODE DISCOVERY LEARNING TERHADAP KEAKTIFAN BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS VII DI MTS THAMRIN YAHYA KECAMATAN RAMBAH HILIR. Sarjana thesis, Universitas Pasir pengaraian.

[img] Text
COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB 1 2 3.pdf

Download (727kB)
[img] Text
BAB 4 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (534kB) | Request a copy

Abstract

Kurniati. 1738011. 2021. Pengaruh Penerapan Metode Discovery Learning Terhadap Keaktifan Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Kelas VII Mts Thmrin Yahya Kecamatan Rambah Hilir. Rina Ari Rohmah, M.Pd dan Pembimbing Kedua : Welven Aida, M.Pd Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh penerapan metode discovery learning terhadap keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas VII di MTs Thamrin Yahya Kecamatan Rambah Hilir. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Penulis menggunakan metode penelitian eksperimen semu. Populasi yang diambil pada penelitian ini berjumlah 117. Teknik pengambilan sampel penelitian ini dilakukan dengan menggunakan teknik simple random sampling. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan metode pembelajaran discovery learning terhadap keaktifan belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari perbedaan kelas eksperimen dan kelas kontrol. Pada kelas eksperimen menggunakan metode discovery learning memiliki skor tertinggi 95 dan skor terendah 56 dengan nilai rata-rata 75,24. Pada kelas kontrol menggunakan metode konvensional memiliki skor tertinggi 85 dan skor terendah 59 dengan skor rata-rata 70,58. Penggunaan metode discovery learning lebih tinggi dibandingkan dengan metode konvensional. Pada uji hipotesis Jika lebih besar dari maka diterima dan ditolak. Dari perhitungan sebesar 1,692 dibandingkan dengan (df 56 yaitu 0,2586 taraf signifikan 5% jadi > maka diterima dan ditolak.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: : Discovery learning, keaktifan siswa , pelajaran IPS
Subjects: Dewey decimal Classification Subject Areas > 900 Sejarah, Geografi dan DIsiplin Ilmu Yang Berkaitan
Dewey decimal Classification Subject Areas > 900 Sejarah, Geografi dan DIsiplin Ilmu Yang Berkaitan
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan IPS
Depositing User: Unnamed user with username AdminPustaka
Date Deposited: 21 Mar 2022 06:48
Last Modified: 21 Mar 2022 06:48
URI: http://repository.upp.ac.id/id/eprint/1228

Actions (login required)

View Item View Item